Berbagi Bersama

Jumat, 26 Agustus 2016

 LAPORAN
PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DI
PERUM PERURI



 









Disusun oleh :
Muhammad Rafi Fadhilah
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK GAMBAR MESIN
KABUPATEN BOGOR
2015-2016
JL. Raya Narogong KM 16,5 Kp. Limusnunggal Rt 02/03 Kelurahan Limusnunggal, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat





LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH

LAPORAN PRAKERIN
DI PERUM PERURI
Diajukan sebagai Persyaratan untuk Mengikuti
Ujian Nasional (UN) Dan Ujian Akhir Sekolah (UAS)
 Di SMK Negeri 1 Cileungsi
Tahun diklat 2015-2016
Disusun oleh :

MUHAMMAD RAFI FADHILAH
PROGRAM KEAHLIAN : Teknik Gambar Mesin

Disahkan Hari/Tanggal      : 27 Agustus 2016

  Ketua Program Keahlian                                                           Pembimbing


Hadi Koesuara, S.T , M.Pd                                              Hadi Koesuara, S.T , M.Pd
NIP.                                                                                         NIP.
Mengetahui,

          Kepala Sekolah                                                             Koordinator Prakerin


Aman Sihombing, S.Pd                                                          Achmad Faisal, S.T
NIP. 196510181995121001                           





KATA PENGANTAR

Puji syukur atas kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunianya penyusun dapat melaksanakan dan menyelesaikan Praktik Kerja Industri (Prakerin) di PT. Indah cup sukses makmur, adapun laporan ini dibuat selain sebagai bukti bahwa penulis sudah melakukan Prakerin juga dibuat untuk memenuhi salah satu syarat mengikuti Ujian Nasional (UN) dan Ujian Akhir Sekolah (UAS).
Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyelesaian laporan ini yaitu sebagai berikut :
1.    Aman Sihombing, S.Pd, selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Cileungsi.
2.    Agus Sumarna,S.Si, selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum.
3.    M. Feri Abdullah M, S.Pd. M.Pd, selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan.
4.    Achmad Faisal,  S.T, selaku Koordinator Praktik Kerja Industri.
5.    Hadi Koesuara, S.T , M.Pd selaku Ketua program Teknik Gambar Mesin SMK Negeri 1 Cileungsi.
6.    Achmad Faisal selaku pembimbing Prakerin di sekolah.
7.    Dewan guru SMK Negeri 1 Cileungsi.
8.    Wirasmo , selaku Kepala OSDM pada PERUM PERURI
9.    Wimbamuhardijana selaku pembimbing prakerin di PERUM PERURI
10. Seluruh staf PERUM PERURI yang telah membantu kami dalam pelaksanaan prakerin ini.
11. Kedua Orang tua kami, yang telah memberikan dorongan dan dukungan.
12. Semua pihak yang telah membantu kami yang tidak dapat kami sebutkan satu per satu.

Demikianlah Laporan Prakerin ini dibuat dan penulis sangat berterima kasih atas dukungan dari semua pihak yang membantu dalam penyelesaiannya.Kami menyadari dalam penyusunan ini banyak kekurangannya. Oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran untuk kesempurnaan hasil kerja kami dalam penyusunan laporan ini yang dapat berguna bagi kepentingan dimasa mendatang.  

Cileungsi, 27 Agustus 2016
























DAFTAR ISI

Halaman Judul............................................................................................................
Halaman Pengesahan.......................................................................................... ii
Kata Pengantar....................................................................................................... iii
Motto….......................................................................................................... iv
Daftar Isi................................................................................................................... v

BAB I PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang Prakerin.......................................................................... 1
B.   Tujuan Praktek Kerja Industri ( Prakerin )............................................. 2
C.   Landasan Hukum..................................................................................  3
D.   Sistematika Laporan................................................................................. 4

BAB II PELAKSANAAN PRAKERIN
A.   Tempat dan Waktu Pelaksanaan Prakerin.......................................... 6
B.   Objek Prakerin........................................................................................... 6
C.   Profil Perusahaan..................................................................................   6
D.   Struktur Organisasi................................................................................... 7
E.   Jurnal Kegiatan PRAKERIN ..........................................................   13
F.    Aspek Ilmiah dalam Pelaksanaan Prakerin......................................   14

BAB III KOLERASI KOPETENSI PROGRAM KEAHLIAN DENGAN PELAKSANAAN PRAKERIN
A.   Kompetensi Program Keahlian............................................................   15
B.   Kompetensi Perusahaan......................................................................   15
C.   Korelasi Kopetensi Program Keahlian dengan Kopetensi Dunia
..... Usaha/Industri........................................................................................   16
BAB IV FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT
A.     Faktor Pendukung.............................................................................   18
B.     Faktor Penghambat...........................................................................   19


BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A.     Kesimpulan.........................................................................................   21
B.     Implikasi ....................................................................................   22
C.     Saran...................................................................................................   22

BAB VI PENUTUP
A.     Identitas Siswa...........................................................................   24
B.     Identitas Sekolah........................................................................   25
C.     Identitas Perusahaan..................................................................   26

LAMPIRAN
1.    Jurnal Prakerin
2.    Daftar Nilai
3.    Hasil Pekerjaan

BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang Prakerin
Praktik Kerja Industri (Prakerin) bagi peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan merupakan implementasi Program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) sebagai model penyelenggaraan pendidikan yang memadukan proses belajar mengajar di sekolah dengan kompetensi kejuruan melalui bekerja secara langsung di dunia usaha, dunia industri, atau instansi baik pemerintah maupun swasta.
Dengan penerapan program Praktik Kerja Industri diharapkan mutu tamatan Sekolah Menengah Kejuruan dapat diandalkan sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja. Sehingga dengan keterampilan yang dimiliki mereka dapat dipercaya oleh perusahaan untuk menempati posisi-posisi tertentu sesuai dengan program keahliaan masing-masing.

B.   Tujuan Praktik Kerja Industri (Prakerin)
Praktik Kerja Industri (Prakerin) adalah suatu sistem pendidikan yang dilaksanakan pada perusahaan atau instansi baik swasta maupun pemerintah dimana dalam hal ini siswa dapat mempraktekkan secara langsung kompetensinya sebagaimana materi pembelajaran yang diperoleh melalui pendidikan di sekolah. Dengan demikian siswa akan mendapatkan pengalaman belajar yang lebih konkrit terutama pada aspek penguasaan kompetensi di Dunia Industri/Instansi.
Prakerin dapat memberikan ilmu pengetahuan serta keterampilan yang lebih memadai bagi siswa, sehingga diharapkan siswa sekolah menengah kejuruan memiliki bekal untuk memasuki dunia kerja. Pada gilirannya dengan keterampilan yang dimiliki siswa tersebut akan mampu beradaptasi di lingkungan pekerjaan sebagai calon tenaga kerja yang siap pakai.

Tujuan yang ingin dicapai melalui pelaksanaan Prakerin adalah sebagai berikut :
Membekali siswa melalui pengalaman belajar secara konkrit di dunia usaha atau industri sebagai upaya untuk mempersiapkan siswa agar memiliki kemampuan beradaptasi
  1. dengan dunia kerja khususnya dan masyarakat pada umumnya.
  2. Mengembangkan dan memantapkan keterampilan dasar yang telah diperoleh dari pendidikan dan pelatihan di sekolah.
  3. Memantapkan disiplin dan tanggung jawab siswa dalam melaksanakan tugas.
  4. Membuka wawasan siswa terhadap jenis-jenis pekerjaan yang ada di dunia industri, serta mendorong siswa untuk berjiwa wirausaha dan berkarya sesuai bidangnya.
  5. Mengubah sikap mental dan pola pikir siswa terhadap tantangan dunia kerja sekarang dan masa mendatang.
  6. Memperoleh umpan balik dari dunia kerja untuk memantapkan dan mengembangkan program pendidikan sesuai dengan perkembangan teknologi dan industri.
  7. Khusus bagi sekolah, sebagai salah satu kesempatan untuk penempatan tamatannya.
  8. Dapat merasakan suasana dunia industri yang berbeda dengan lingkungan sekolah baik itu dalam hal mentaati peraturan maupun dalam melaksanakan tugas.
  9. Untuk memantapkan dan mengembangkan program pendidikan sesuai dengan perkembangan teknologi dan industri.
  10. Meningkatkan efisiensi proses pendidikan & pelatihan tenaga kerja sehingga dapat menjadikan tenaga kerja yang memiliki keahlian yang profesional dengan tingkat pengetahuan, keterampilan & etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
  11. Untuk membandingkan antara teori yang diperoleh di bangku sekolah dengan keadaan sesungguhnya di dunia usaha/industri.
C.   Landasan Hukum
Landasan hukum pelaksanaan praktek kerja industri bagi peserta didik sekolah menengah kejuruan adalah :
1.  Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003
a.    Penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan melalui dua jalur, yaitu jalur pendidikan sekolah dan pendidikan luar sekolah. (Pasal 13)
b.    Pengadaan dan pemberdayaan sumber daya pendidikan dilakukan oleh pemerintah, masyarakat, dan keluarga peserta didik. (Pasal 33)
c.    Masyarakat sebagai mitra pemerintah berkesempatan yang seluas-luasnya untuk berperan serta dalam penyelenggaraan pendidikan.
2.    PP Nomor 29 Tahun 1990
a.    Penyelenggaraan sekolah menengah kejuruan dapat bekerjasama dengan masyarakat terutama dunia usaha dan para dermawan untuk memperoleh sumber daya dalam rangka menunjang penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan. (Pasal 29 ayat 1)
b.    Pada sekolah menengah kejuruan dapat dilakukan uji coba gagasan baru yang diperlukan dalam rangka pengembangan pendidikan. (Pasal 32 ayat 2)
3.  PP Nomor Tahun 1992
a.    Peran serta masyarakat dapat berbentuk pemberian kesempatan tempat pendidikan sisate ganda atau latihan kerja. (Pasal 8)
b.    Pemerintah dan masyarakat menciptakan peluang yang lebih besar untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pendidikan sistem ganda. (Pasal 8)
4.    Kepmendikbud Nomor 0490/U/1992. Kerja sama SMK dengan dunia usaha terutama bertujuan untuk meningkatkan kesesuaian program SMK dengan kebutuhan dunia kerja yang diusahakan dengan asas saling menguntungkan.
5.    Kepmendiknas Nomor 080/4/1993. Tentang Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan.
6.    Naskah Kerjasama antara KADIN dengan DEPDIKNAS RI   No.0104a/U/1994-SKEP/019/DPH/IV/1999
Tentang Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda pada SMK.

D.   Sistematika Laporan
Laporan hasil Prakerin yang kami laksanakan disusun sedemikian rupa agar mudah dipahami dan dimengerti oleh pihak-pihak yang memerlukannya.Untuk itu kami menyusun laporan ini secara sistematis, sesuai dengan sistem penulisan yang berlaku di SMK Negeri 1 Cileungsi.
Adapun sistematika penulisan laporan ini adalah sebagai berikut :
Pada bagian depan Laporan berisi:
Lembar Judul, Lembar Pengesahaan, Kata Pengantar, Motto, dan Daftar Isi.
Pada bagian isi Laporan diuraikan sebagai berikut :
Bab I             Pendahuluan
                      Berisi penjelasan mengenai latar belakang Prakerin, tujuan Prakerin, landasan hukum, tempat dan waktu pelaksanaan Prakerin.
Bab II            Pelaksanaan Prakerin
                      Berisikan tentang tempat dan waktu Prakerin, objek Prakerin, sejarah perkembangan tempat Prakerin, jurnal kegiatan Prakerin, dan aspek ilmiah dalam pelaksanaan Prakerin.
Bab III           Korelasi Kompetensi Program Keahlian dengan Pelaksanaan Prakerin
                      Berisi tentang kompetensi program keahliaan, kompetensi   perusahaan, dan korelasi program keahlian dengan pelaksanaan Prakerin di DU/DI.
Bab IV         Faktor Pendukung dan Faktor yang Kurang Mendukung

19.24.00 No comments » by mrfpengetahuan.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Search